Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Laman Manajeman Dapodikdasmen (Login Operator Sekolah)

Laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Selamat pagi sahabat Operator Dapodik se-Indonesia semoga selalu semangat dalam mengelola data pokok pendidikan.

Pada kesempatan kali ini admin memposting tentang laman manajemen dapodikdasmen melalui laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ yang pastinya rekan operator dapodik sudah tahu tentang hal ini, namun tidak ada salahnya admin memposting tentang manajemen dapodikdasmen, selain memperkaya konten blog ini juga mungkin saja bisa membantu sahabat operator yang belum mengetahuinya.

Sebagai informasi, laman Data Dapodikdasmen merupakan web yang menampilkan data pada satuan pendidikan berdasarkan hasil syncronisasi aplikasi Dapodikdasmen satuan pendidikan. Pada laman Data Dapodikdasmen yang beralamat di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ terdiri dari menu tab Sekolah - Prasarana - Guru dan Tendik - Romber - Peserta Didik.

Pada menu Sekolah, terdiri dari identitas sekolah, lokasi, Bank dan Layanan serta Kontak yang bisa dihubungi. Pada menu ini sahabat operator bisa melakukan unduh SPTJM dan Profil Sekolah.



Untuk menu Prasarana, menampilkan data jenis sarana dan prasarana sekolah beserta ukuran dan kondisi.

Pada menu Guru dan Tendik, menyajikan daftar nama Guru dan Tenaga Kependidikan lengkap dengan NIK, NIP, NUPTK, Jenis GTK dan Status Kepegawaian. Pada menu ini pula sahabat operator bisa melakukan tambah atau tarik data GTK dari sekolah lain.



Menu Rombel berisi informasi tentang Kelas/ Rombel, Nama Wali Kelas, Kurikulum yang digunakan dan pembelajaran.

Terakhir menu Peserta Didik, merupakan menu yang menampilkan data Peserta Didik yang terdiri dari Nama, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, Nama Ibu, NIK, NISN, Kelas dan Biodata. Menu peserta didik bisa sahabat operator gunakan apabila melakukan penarikan atau tambah peserta didik.


Untuk bisa masuk ke laman Data Dapodikdasmen, sahabat operator bisa menggunakan akun login aplikasi dapodikdasmen sekolah (bagi operator sekolah), login Guru dan Tendik menggunakan akun GTK yang diinput pada aplikasi dapodikdasmen. Data yang bisa di akses antara Operator dan Guru/ Tendik juga berbeda.

Nah demikianlah postingan tentang mengenal laman manajemen Dapodikdasmen, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Salam Satu Nusa Satu Data.