Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Cek Data Guru Online


Selamat pagi, siang dan malam sahabat Dapodik dari Sabang sampai Meureuke, semoga selalu fit dan semangat dalam memajukan pendidikan Indonesia. Salam sejahtera salam kompak dari saya selaku admin blog sekaligus operator sekolah yang masih belajar dalam dunia pendataan Dapodikdasmen.

Memasuki tahun baru, beberapa instruksi dari Kepala Sekolah satu persatu mulai dieksekusi, mulai dari verifikasi data calon peserta ujian nasional yang beberapa bulan kedepan mulai dilaksanakan hingga pengecekan data Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) melalui laman info GTK Kemdikbud.

Terkait dengan cek data guru secara online, dapat dilakukan dengan mengunjungi laman cek info GTK Kemdikbud di http://info.gtk.kemdikbud.go.id menggunakan perangkat Laptop/ PC maupun Smartphone yang terhubung jaringan internet.

Berikut 2 cara cek data guru secara online pada laman Info GTK Kemdikbud.

#CARA PERTAMA

Selain langsung pada laman info.gtk.kemdikbud.go.id mengecek data guru secara online bisa melalui laman SimPKB dengan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) sebagai user dan password akun SimPKB

Setelah berhasil login pada laman SimPKB, gulir kebawah dan cari dan klik pada fitur layanan info GTK dan secara otomatis Anda diarahkan ke laman info GTK.

2 cara cek data guru online


Setelah berada pada laman info GTK, silahkan masukan NUPTK atau NRG (bagi yang memiliki) bisa juga menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom login validasi data Guru dan masukan Tahun/Bulan/Tgl. Lahir sebagai password. Contoh penulisan password login, jika tanggal Anda 12-12-1984 maka menjadi 19841212 sebagai password login. Kemudian isi kolom verifikasi dengan angka yang muncul, terakhir klik Login



#CARA KEDUA
  • Ketikan info.gtk.kemdikbud.go.id pada browser/ peramban yang digunakan, atau klik di SINI
  • Login menggunakan NUPTK/NRG/NIK dan password sebagaimana diuraikan pada cara pertama.
Setelah berhasil login, perhatikan data yang tampil pada lembar info GTK. Data yang tampil pada info GTK merupakan data yang diinput ada aplikasi Dapodik serta hasil sycronisasi aplikasi Dapodik ke server Kemendikbud.

Apabila terdapat data yang tidak sesuai atau belum valid, perubahan dapat dilakukan pada Aplikasi Dapodik dengan membawa/ menunjukkan kepada Operator Sekolah bukti atau dokumen pendukung untuk perubahan data dimaksud.

NoteInfo validasi data guru ini fungsinya hanya untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah, jika ada kesalahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing.