Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Daftar Penerima PIP Online

Selamat siang "pahlawan data pendidikan", semoga selalu semangat dalam menjalankan rutinitas harian.

Pada postingan kali ini, admin menginformasikan cara melihat daftar penerima PIP secara online walau sebenarnya rekan-rekan operator sudah pasti mengetahui cara/ langkah-langkah untuk melakukannya.

Beranda pipsd.kemdikbud.go.id


PIP merupakan singkatan dari Program Indonesia Pintar bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/atau kurang mampu membiayai pendidikannya.
Selain yang tercantum dalam SK cetak penerima PIP, untuk melihat daftar nama penerima Program Indonesia Pintar (PIP) dapat dilakukan dengan cara online menggunakan akun Operator Sekolah maupun akun Operator Dinas, karena admin juga salah seorang dari ribuan operator sekolah maka kali ini admin memposting cara melihat daftar penerima PIP secara online menggunakan akun Operator Sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD).

Kunjungi portal Aplikasi Monitoring PIP SD di Sini
Login menggunakan akun Dapodikdasmen (akun dan password aplikasi Dapodikdasmen) dan input nomor pokok sekolah nasional (NPSN).


Klik Log In, untuk masuk ke Aplikasi Monitor PIP SD

Beranda laman Aplikasi Monitor PIP SD
Selanjutnya, silahkan klik tautan yang berada pada bagian kiri yang terdiri dari Dasboar, Download Data, Validasi Data dan Pengembalian Dana. Masing-masing tautan memiliki fungsi yang berbeda, berikut uraiannya ;

Dasboard

Dasboar merupakan tautan untuk kembali atau menuju beranda aplikasi monitor PIP SD

Download Data

Download Data merupakan laman yang berisi tautan untuk mengunduh data SK PIP per tahap maupun data hasil verifikasi


Silahkan klik tautan download untuk mengunduh file excel yang berisi daftar nama penerima PIP.

Baca JugaMengenal Laman Manajeman Dapodikdasmen (Login Operator Sekolah)

Data yang terdapat pada aplikasi monitor PIP SD bersumber dari data Dapodikdasmen setelah dilakukan verifikasi dan validasi. Silahkan berkoordinasi dengan Operator Dinas untuk proses verifikasi dan validasi data penerima PIP.

Demikianlah informasi singkat tentang cara melihat daftar penerima PIP online, semoga bermanfaat.