Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laman Web Ini Wajib Dikunjungi Operator Sekolah Secara Berkala

Dengan berkembangnya teknologi informasi, sejalan dengan itu kemudahan akses informasi pun bisa dirasakan hingga ke pelosok negeri. Perkembangan ITE sejatinya membantu kecepatan akses berita dari berbagai platform, misalnya tersebarnya ragam informasi di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, YouTube dan lainnya.

Admin sengaja mengangkat judul "Laman Web Ini Wajib Dikunjungi Operator Sekolah Secara Berkala" karena begitu vitalnya peran Operator Sekolah sebagai salah satu ujung tombak suksesnya pendidikan dari segi data dan administrasi.

Dizaman era digital saat ini, bukan hanya guru, Operator Sekolah atau sering disapa ramah dengan sebutan OPS juga dituntut aktif berselancar di internet sesuai dengan bidang pekerjaan dibidang administrasi pada satuan pendidikan. Terkait dengan itu, sebagai seorang operator sekolah yang mengurus data-data satuan pendidikannya penting menghimpun informasi, berikut ini laman web yang "wajib" dikunjungi oleh operator sekolah secara berkala guna menghimpun informasi-informasi penting.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman Portal kemdikbud.go.id

Laman website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang beralamat di https://www.kemdikbud.go.id/ sebagai sarana informasi dari Kemdikbud kepada masyarakat. Banyak menu pilihan pada portal Kemdikbud, mulai dari Siswa, Guru, Orang Tua, Sekolah, Budaya dan Bahasa, Masyarakat dan Mitra, Pemerintah Daerah dan masih banyak lagi.

Kementerian Agama


Laman portal Kementerian Agama Republik Indonesia yang beralamat di https://kemenag.go.id/ memiliki beragam informasi penting. Khusus untuk operator sekolah naungan Kemenag, beberapa menu penting untuk dikunjungi, misal EMIS dan Simpatika.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud (Dirjen GTK)

Laman portal Dirjen GTK Kemdikbud

Dirjen GTK  Kemdikbud merupakan salah satu Unit Utama Eselon I yang membidangi Guru dan Tenaga Kependidikan dengan alamat https://gtk.kemdikbud.go.id/. Laman portal Dirjen GTK berisi ragam informasi dan artikel terkait dengan pendidikan.

Dapodikdasmen Kemendikbud

Laman Web Dapodikdasmen

Bagi operator sekolah, laman portal Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah yang beralamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ tentu sudah tidak asing lagi. Laman ini merupakan basis informasi bagi kalangan operator sekolah dalam hal pendataan.

Dapodik PAUD dan DIKMAS


Sama halnya Dapodikdasmen, satuan pendidikan PAUD dan Dikmas juga memiliki laman web pendataan yang beralamat di https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ berisi informasi pendataan untuk jenjang PAUD dan DIKMAS.

Simpatika Kemenag

Laman Simpatika

Untuk sekolah naungan Kementerian Agama juga melakukan pendataan pada masing-masing satuan pendidikan. Namun, jika Kemendikbud menghimpun data satuan pendidikan dengan aplikasi Dapodik, Kemenag menggunakan pendataan berbasis web dengan nama Simpatika yang beralamat di https://simpatika.kemenag.go.id/.

Selain laman portal diatas, beberapa laman penting lainnya yaitu :

PDSPK Kemdikbud di http://sdm.data.kemdikbud.go.id
VerVal PTK Kemdikbud di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/
VerVal PD Kemdikbud di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/
VerVal PD Kemenag di http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/

Demikianlah postingan tentang Laman Web Ini Wajib Dikunjungi Operator Sekolah Secara Berkala, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi rekan-rekan OPS se-nusantara.
VerVal SP di http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/