Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Status Data CPNS/PNS dari Laman Info GTK


Bagi Bapak/ Ibu Guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun CPNS yang ingin melihat status validasi data di database Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau melihat status data CPNS/PNS bisa dilakukan dari laman info GTK. Caranya cukup mudah, hanya dengan beberapa kali klik dan input data (user dan password) login info GTK saja.

Untuk bisa mengecek data CPNS/PNS dari laman info GTK, pastikan terlebih dahulu Bapak/ Ibu berstatus CPNS/PNS dan sudah terdaftar pada aplikasi data pokok pendidikan dasar dan menengah (DAPODIKDASMEN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta memiliki akun login ke laman info GTK yang terdiri dari email dan password yang terdaftar pada Aplikasi Dapodikdasmen.

Ada 2 (dua) cara untuk cek status data CPNS/PNS melalui laman info GTK, antara lain :

#Melalui login Operator Sekolah

Cara pertama bisa dilakukan dengan meminta banntuan admin/ operator sekolah yang ditunjuk mengelola data Dapodikdasmen tempat Bapak/ Ibu bertugas dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Operator Sekolah membuka dan login di portal  https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun login sekolah.
  • Klik menu tab GURU DAN TENDIK untuk menampilkan daftar nama Guru
  • Cari nama Guru yang akan di cek status datanya pada webservice BKN, klik pada ikon yang berwarna hijau terletak disebelah paling kanan nama Guru.
  • Setelah muncul identitas Guru, geser kebawah dan klik pada ikon berwarna hijau dengan tulisan INFO GTK, maka secara otomatis akan diarahkan ke laman info GTK
  • Pada laman info GTK, cari tabel keterangan Verifikasi Data Tunjangan Profesi dan klik pada tulisan "Wajib clik tombol ini untuk mengecek data pada websevice BKN" tunggu beberapa saat untuk menampilkan data (lihat gambar berikut)
#Melalui Login Akun GTK

Kedua, menggunakan akun login GTK dengan menggunakan email dan password yang terdaftar pada aplikasi Dapodikdasmen, caranya :
  • Guru membuka laman info GTK di https://info.gtk.kemdikbud.go.id
  • Masukan email, password serta kode verifikasi yang muncul kemudian klik Login
  • Jika isian email, password serta kode verifikasi sudah tepat, maka laman info GTK yang menampilkan data GTK hasil sinkronisasi aplikasi Dapodikdasmen akan muncul, bila mana tidak dapat masuk ke laman info GTK, hubungi Operator Sekolah untuk minta petunjuk login.
  • Pada laman info GTK, cari tabel keterangan Verifikasi Data Tunjangan Profesi dan klik pada tulisan "Wajib clik tombol ini untuk mengecek data pada websevice BKN" tunggu beberapa saat untuk menampilkan data.

Data yang ditampilkan pada halaman ini diambil langsung dari webservice BKN. Jika ada perbedaan data yang ditampilkan pada halaman ini dengan dokumen yang Bapak/Ibu miliki, semua perbaikan/perubahan data hanya dapat dilakukan di BKN/BKD sesuai dengan standar prosedur yang berlaku di BKN/BKD.

Kemdikbud tidak memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan/perbaikan data status kepegawaian PNS.

Jika data yang ditampilkan pada halaman ini sudah sesuai dengan dokumen yang Bapak/Ibu miliki dan sudah sesuai dengan entrian pada data dapodik, maka dengan ini diharapkan menunggu proses validasi selanjutnya.

Jika dalam waktu 1 minggu dari sekarang belum ada perubahan data, clik kembali tombol untuk mengecek data BKN pada info GTK.